| 3 komentar ]

Artis Jadi Caleg, Siapa Diuntungkan?

Artis ramai-ramai jadi calon anggota legislatif. Fenomena ini menjadi hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua pihak. Artis mendapat kendaraan untuk melenggang ke Senayan. Sementara partai politik juga diuntungkan. Jika sebelumnya harus membayar artis untuk kampanye maka kini para artis rela kampanye gratis untuk parpol.

Tengok saja aksi Wulan Guritno yang bernyanyi dangdut. Menjadi artis dangdut rela dilakoni Wulan demi Partai Amanat Nasional yang menjadikannya caleg nomor urut satu dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah III. PAN pun banyak berharap pada popularitas Wulan untuk mendongrak perolehan suara PAN di daerah yang dianggap kering ini.

Wajah menarik dan popularitas sebagai artis juga dimanfaatkan aktris Henidar Amroe. Jeremy Thomas pun tak mau ketinggalan kereta. Jeremy dipinang menjadi caleg dari Partai Golkar untuk Dapil Pekanbaru. Sang aktor bahkan telah menyiapkan berbagai berbagai hal di DPR kelak seperti rencana kerja.

Masuknya artis menjadi caleg ini memang simbiosis mutualisme. Tapi konsultan politik Bima Arya Sugiarto, mengakui tidak semua artis siap tempur menjadi legislator. "Karena latar belakang persentuhannya dengan politik juga minim," ujar konsultan politik yang mengajar caleg artis dari PAN itu.

Artis diuntungkan, parpol juga diuntungkan dengan masuknya artis ke dalam daftar caleg. Lalu apakah rakyat diuntungkan? Anda sendiri yang menilai.

ini kah wajah Demokrasi Indonesia...??
artis menjadi Vote Getter parpol...
lalu dikemanakan kualitas, kapabilitas, kredibilitas yang seharusnya ditonjolkan oleh para caleg yang kemudian bisa menjadi reference para pemilih.. kalo artis apa yang ditonjolkan???
bukan berarti saya mendiskreditkan para artis, tapi kenyataanya, lalu pertanyaanya apa yang bisa dilakukan Artis?
jawabannya sama, hanya untuk vote getter..
semoga masyarakat tidak luluh dengan wajah dan kepopuleran para artis.

3 komentar

Cebong Ipiet mengatakan... @ 30 November 2008 08.39

politikus karbitan
bahkan yg g dikarbit seperit itu
hohoohoh
we'll see

belly wijaya mengatakan... @ 1 Desember 2008 21.05

jreng!.. satu lagi trik politik hanya demi mengejar setoran 'meraup suara' lebih dipertontonkan, hhhhhh....

Lyla mengatakan... @ 2 Desember 2008 16.01

kalo artisnya mumpuni kenapa gak??? tp kalo cuma jual tampang, jual ketenaran wahhh bisa repot negara ini dipimpin oleh orang2 yang hanya jual tampang dan ketenaran

Posting Komentar