| 2 komentar ]

Barack Obama diprediksi akan memenangkan Pemilihan Umum Amerika Serikat yang digelar hari ini (4/10). Dari 159 poling nasional yang diselenggarakan selama 6 minggu terakhir, Calon Presiden asal Partai Demokrat ini selalu berhasil mengungguli rivalnya, dari Partai Republik, John McCain.

Poling Wall Street Journal/NBC News dengan marjin eror 3,1 persen yang dilakukan Sabtu dan Minggu kemarin memperlihatkan Obama unggul 8 poin atas McCain.

Sementara poling nasional CNN menyebutkan calon Wakil Presiden dari Partai Republik Sarah Palin lebih banyak menghilangkan dukungan bagi McCain daripada menambahnya. Hanya sekitar 4 dari 10 orang Amerika mendukung majunya Palin, dan di kalangan pendukung Republik sendiri hanya 1 dari 5 orang yang menginginkannya maju sebagai kandidat Presiden 2012, seandainya McCain kalah hari ini.

Buruknya citra Palin diperparah hari Minggu (2/10) lalu, saat seorang penyiar radio Kanada menelponnya dalam siaran langsung dan selama 5 menit berhasil berpura-pura sebagai Presiden Prancis Nikolai Sarkozy.

“John McCain menjadi salah satu kandidat Republik yang mencalonkan diri dalam salah satu kondisi terburuk (mereka),” tulis The Washington Post.

Obama tercatat berhasil mengungguli McCain di setiap negara bagian yang dahulu dimenangkan Senator Demokrat John F Kerry pada pemilu 2004 saat maju melawan George W. Bush. Kemenangan ini memberi Obama 252 suara elektoral dari 270 yang diperlukannya untuk menang. Selain itu, Obama juga unggul di 5 negara bagian yang 4 tahun lalu dimenangkan Bush. Jika Obama mampu memertahankannya pada pemilu hari ini maka dia akan memperoleh kursi Presiden Amerika Serikat dengan kemenangan 291 elektoral.

Obama tak hanya berhasil merebut suara mayoritas di Ohio, Florida dan Missouri, namun juga mulai unggul di North Carolina, Indiana dan Montana. Ketiga negara bagian tersebut selama ini secara tradisional menjadi andalan Republik. Jika Obama benar-benar mampu memenangkan beberapa suara elektoral dari negara-negara bagian tersebut, The Post memprediksi kandidat kulit hitam ini akan mencapai kemenangan lebih dari 300 suara elektoral.

Baik perancang strategi Demokrat maupun Republik sama-sama mengakui pemilu kali ini mungkin membawa kemenangan besar bagi Obama. Strategis Demokrat James Carville menyatakan Obama akan menang dengan 365 suara, dengan Demokrat mendapatkan 9 kursi Senat dan 27 kursi DPR. Pendapat serupa datang dari Strategis Republik Alex Castellanos, yang menyatakan Obama akan menang dengan 318 suara yang berasal dari negara bagian Florida, Pennsylvania, Virginia, Colorado, New Meksiko dan Nevada.

Sekitar 130 juta rakyat Amerika akan memilih presiden mereka hari ini, namun sekitar seperempat dari mereka telah memberikan suara jauh-jauh hari lewat sistem pemilu awal. Persaingan suara kedua kandidat sendiri diperkirakan akan ketat di 6 negara bagian: Florida, Indiana, Missouri, North Carolina, Nevada dan Ohio.

Veby Mega/Reuters/Washington Post/ CNN/BBC

2 komentar

cutebumblebee mengatakan... @ 5 November 2008 23.17

udah menang tuh

orang indonesia pada bangga sama obama
apa yang di banggain ??
binun aku .. $#*&^@?+##

cutebumblebee mengatakan... @ 5 November 2008 23.17

udah menang tuh

orang indonesia pada bangga sama obama
apa yang di banggain ??
binun aku .. $#*&^@?+##

Posting Komentar